Siapkan Pembentukan Badan Ad Hoc KPU Kabupaten Pasuruan Lakukan Sosialisasi  Penggunaan Aplikasi (SIAKBA)

www.kab-pasuruan.kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan Menyelenggarakan Sosialisasi Pembentukan Badan Ad Hoc dan Penggunaan Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA) kepada perwakilan Ormas, OKP, Penggiat Pemilu dan Perguruan Tinggi, Sabtu (5/11/2022) di Hotel Inna Tretes - Prigen, Pasuruan.

Kegiatan tersebut bertujuan mensosialisasikan pembentukan badan Ad Hoc dan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA) kepada elemen masyarakat, sehingga diharapkan kedepan pelaksanaan pendaftaran berjalan lancar. 

Ketua KPU Kabupaten Pasurun, Zainul Faizin menyampaikan bahwa tahapan pembentukan badan Ad Hoc akan dimulai dalam waktu dekat. 

"pembentukan PPK akan dimulai 16 November 2022, sedangkan untuk PPS dimulai 29 November 2022, oleh karena itu saya mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut berperan mensukseskan pembentukan PPK dan PPS," Ujarnya.

Kegiatan sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber dari kalangan akademisi yaitu Dr. Kholid Murtado SE.ME, Rektor Universitas Yudharta Pasuruan, yang mengulas tentang pentingnya peran Ormas, OKP, Pegiat Pemilu dan Perguruan Tinggi dalam mensukseskan pelaksanaan tahapan pemilu tahun 2024.

"Ormas, OKP, akademisi memiliki peranan yang sangat strategis dalam mensukseskan pemilu, termasuk pembentukan PPK dan PPS, dengan cara mendorong orang-orang terbaik untuk turut serta menjadi penyelenggara pemilu sebagai wujud pengabdian," terangnya.

Disamping itu, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Suyatmin menyampaikan bahwa pendaftaran PPK dan PPS untuk Pemilu tahun 2024 akan mengunakan Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA).


"Pendaftaran PPK dan PPS untuk pemilu tahun 2024 akan dilakukan secara online, yaitu  melalui aplikasi SIAKBA sebagai alat bantu", ujar Yatmin.

Kegiatan sosialisasi juga diisi dengan tanya jawab dan penjelasan secara terperinci oleh Nila Vania selaku operator SIAKBA tentang hal-hal yang harus disiapkan oleh pendaftar, termasuk  tata cara melakukan pendaftaran PPK dan PPS.

Kegiatan sosialisasi  berjalan menarik dan lancar hingga berakhir pada pukul 15.00 WIB (DIM).

Bagikan:

facebook twitter whatapps

Dilihat 99 Kali.